Tidak Boleh Sembarangan, Begini Perawatan Luka dengan Tepat

Sepertinya semua orang pernah mengalami luka di bagian tubuhnya, baik itu luka yang dikarenakan jatuh tersandung, terkena benda tajam seperti pisau, ataupun yang lainnya. Ketika ada luka, harus dilakukan penanganan secara tepat, baik pada luka kecil maupun besar. Apabila tidak memahami cara merawat luka dengan tepat, hal tersebut hanya akan membuat luka semakin sulit sembuh dalam waktu cepat dan bahkan bisa memperbesar resiko terjadinya infeksi.


Adanya luka tentu membuat si penderitanya merasakan sakit. Hanya saja memang tingkatan sakitnya berbeda-beda, tergantung juga dengan jenis luka, keparahannya dan juga bagian luka pada tubuh. Untuk luka yang cukup dalam atau luas memerlukan perawatan yang intensif oleh tim medis di rumah sakit maupun klinik. Sedangkan untuk luka yang tingkatannya ringan dapat dirawat sendiri di rumah. Akan tetapi tak boleh sembarangan. Luka ringan bisa menjadi parah jika tidak dilakukan langkah perawatan yang tepat.

Berikut ini tips merawat luka dengan tepat untuk tingkatan yang ringan seperti lecet atau tergores dan sejenisnya:

1.  Cuci tangan terlebih dahulu menggunakan air bersih dan sabun sebelum merawat luka

2.   Pendarahan pada luka jenis ringan umumnya dapat berhenti sendiri tanpa penanganan khusus. Akan tetapi jika tidak berhenti-berhenti, maka beri tekanan lembut di bagian luka dengan menggunakan kain bersih. Luka diposisikan menghadap atas.

3.       Guyur luka secara perlahan dengan air mengalir.

4.    Apabila masih terdapat kotoran seperti benda yang tertancap pada luka setelah dibersihkan, ambil benda tersebut dengan menggunakan pinset steril yang sebelumnya sudah dibersihkan memakai alkohol. Apabila kondisi seperti ini sulit diatasi, segera bawa ke dokter agar benda yang menancap segera tercabut dan terhindar dari resiko infeksi ataupun masalah lain seperti tetanus.

5.  Oleskan krim antibiotic untuk menjaga kelembaban kulit di bagian luka. Penggunaan krim ini memang tidak dapat mempercepat proses penyembuhan luka, akan tetapi dapat membantu luka terhindar dari infeksi dan tentu dengan begitu proses pemulihan juga dapat berjalan dengan maksima

6.  Disarankan luka agar diperban guna menjaga bagian tersebut bersih dan terhindar dari paparan debu yang beresiko adanya banyak bakteri penyebab infeksi. Akan tetapi jika luka berupa goresan ringan, maka perban tidak diperlukan.

Nah, itulah metode merawat luka dengan tepat untuk jenis tingkatan yang ringan. Apabila terjadi luka dalam tingkatan yang berat seperti luka menganga, segera larikan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Anda juga bisa mendapatkan informasi kesehatan lainnya mengenai luka di laman www.guesehat.com.


EmoticonEmoticon