10+ Menu Buka Puasa Yang Enak dan Sederhana Bareng Keluarga

Menu Buka Puasa Yang Enak - Buka puasa menjadi hal yang paling ditunggu ketika kita masuk bulan ramadhan, setelah berpuasa sehari penuh tentunya pas waktu berbuka ingin buka puasa dengan hidangan yang enak.


Selama bulan puasa kamu perlu memperhatikan kondisi gizi kamu mulai dari sahur sampai waktu berbuka. Beragam jenis makanan dan minuman banyak disajikan di pinggir jalan, tidak jarang sering kita temui jenis makanan seperti kolak, gorengan dan yang lainnya.

MENU BUKA PUASA YANG PRAKTIS

Selain dari jenis makanan kamu juga perlu memperhatikan minuman yang ingin disantap, ketika kamu puasa sehari penuh otomatis perut kamu kosong nah dari sini perlu masuk makanan dan minuman yang lembut dulu agar perutmu gak kaget saat menyantap makanan lainnya.

Dengan begitu kamu akan terjaga kondisinya dan puasa akan berjalan dengan lancar tanpa gangguan. Terdapat banyak jenis makanan dan minuman khas Indonesia ketika memasuki bulan puasa, kamu bisa membeli hidangan instan atau membutnya sendiri.


Untuk menu buka puasa sehat dianjurkan lebih baik memasak sendiri, tapi saat masak sendiri dirumah bingung untuk menyiapkan menu buka puasa setiap harinya? tenang sob, kali ini saya akan berikan inspirasi menu buka puasa yang enak dan sederhana untuk kamu.

Penasaran apa aja menu buka puasa sehat yang bisa kamu buat dirumah? berikut ini inspirasi menu buka puasa sehat dan menu buka puasa diet yang bisa jadi pilihan berbuka untuk kamu dan keluarga!

Menu Buka Puasa Yang Enak dan Praktis


Salad Sayur dan Salad Buah


salad buah
foto: resepkuekomplit.com

Salad sayur dan salad buah bisa jadi menu buka puasa diet nih bagi kamu yang sedang mengurangi berat badan. Menu ini terdiri dari berbagai macam sayur dan buah. Cocok banget deh untuk berbuka karna rasanya segar-segar gimana gitu dan juga praktis banget bikinnya.

Kurma dan Teh Hangat


kurma
foto: hellosehat.com

Kalo yang satu ini pasti semua orang selalu menyantapnya ketika berbuka ataupun sahur, yapp Kurma. Kurma bisa kamu santap 3 - 4 biji ketika berbuka ditemani dengan segelas air putih atau air teh hangat, manfaat menyantap kurma yaitu dapat mengembalikan energi kamu untuk melakukan kegiatan lainnya nanti.

Es Kelapa

es kelapa muda
foto: dream.co.id


Es Kelapa termasuk ke dalam menu buka puasa yang enak nih sob apalagi kelapanya adalah kelapa muda makin nikmat aja deh. Kenapa es kelapa bisa dikatakan menu buka puasa enak? karna, es kelapa bukan hanya minuman tapi juga terdapat daging kelapanya yang bisa kamu makan.

Jadi, meski kamu berbuka hanya dengan es kelapa, itu saja sudah cukup membuatmu kenyang sob! ada beberapa macam es kelapa yang bisa kamu buat dirumah, seperti es kelapa muda gula merah, es kopyor dan masih banyak lainnya. 

Sop Buah

sop buah

Sop buah terdiri dari berbagai macam buah yang dijadikan satu dan dicampur dengan es serta susu putih membuat makanan ini cocok sebagai menu buka puasa untuk diet.

Opor Ayam


opor ayam
foto: cookpad.com

Opor ayam ini bisa kamu jadikan menu masakan buka puasa yang enak dan lezat buat keluarga nih. Menu makanan ini termasuk menu hidangan utama, sebaiknya sebelum kamu makan opor ayam lebih baik bersantap makanan yang lembut terlebih dahulu ya.

Soto Ayam


soto ayam
foto: popbela.com

Makanan berkuah kuning dan rasanya lezat membuat soto ayam menjadi pilihan inspirasi untuk hidangan menu berbuka puasa. Gak hanya menjadi hidangan berbuka, soto ayam juga bisa kamu santap sebagai hidangan sahur juga rasanya yang enak pasti membuat anggota keluarga menyukainya.

Kentang goreng balado


kentang goreng balado
foto: cookpad.com

Untuk mengembalikan energi yang habis sehari penuh saat berpuasa, kentang goreng balado ini bisa jadi pilihan untuk menu berbukamu. Cara memasaknyapun sangat gampang dan bahan-bahan yang digunakan tidak banyak jadi cukup praktis.

Semur Tahu


semur tahu
foto: primarasa.co.id

Kalo kamu ingin berbuka dengan makanan yang manis coba buat semur tahu. Semur tahu bisa kamu santap saat berbuka, jika tidak habis bisa kamu hangatkan untuk makan sahur nanti.

Pudding


pudding
foto: yummytummyaarthi.com

Hidangan yang lembut seperti pudding tentu bisa kamu makan saat berbuka puasa sebelum menyantap hidangan utama dan apalagi pudding buatan sendiri, wahh rasanya nikmat banget deh.

Sayur Bayam


sayur bayam
foto: cookpad.com

Selain sebagai menu sahur, sayur bayam juga cocok sebagai menu buka puasa sebab sayur-sayuran cukup penting saat kamu berpuasa agar pencernaanmu berjalan lancar.

Kesimpulan


Nah, itudia macam-macam menu buka puasa yang enak dan sederhana serta bergizi tinggi. Sebenarnya masih banyak lagi inspirasi menu buka puasa sederhana dan praktis lainnya yang bisa kamu hidangkan bersama keluarga. Share artikel ini ke temanmu, semoga bermanfaat ya sob.


EmoticonEmoticon