10+ Fakta Kepribadian Anak Pertama dan Kedua Yang Jarang Diketahui

Fakta Anak Pertama - Anak sulung atau yang kita kenal dengan anak pertama merupakan anak yang memiliki tanggung jawab cukup besar di keluarga apalagi anak pertama ini laki-laki.


Untuk kamu yang menjadi anak pertama, bagaimana rasanya? lelah? sudah pasti. Gak jarang anak pertama sering dibanding-bandingkan dengan orang lain, bahkan jika kamu punya adik pasti pernah merasakan dibanding-bandingkan.

fakta anak pertama
unsplash/judebeck

Namun, terlepas dari itu anak pertama memiliki sifat dan kepribadian yang unik loh. Kebanyakan kepribadiannya ini mereka yang buat, orang tua hanya mengarahkan saja benar gak?

Karena mereka lahir lebih dulu dari adik-adiknya ada fakta menarik anak pertama yang sedikit orang melihatnya sama seperti dengan anak pertama, anak kedua juga memiliki keunikannya sendiri.

Fakta Kepribadian Anak Pertama dan Kedua


Kira-kira apa aja ya fakta anak pertama dan kedua itu? Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan apa aja fakta menarik dari anak pertama dan kedua, yuk simak!

Fakta Anak Pertama


Berikut ini kepribadian mengenai anak pertama yang belum diketahui banyak orang:

1. Pemimpin


fakta kepribadian anak pertama
unsplash/austindistel

Anak pertama dilahirkan menjadi pemimpin alami karna ketika mereka dewasa tanggung jawabnya akan dicontoh oleh adik-adiknya. Sedari kecil anak pertama dididik untuk menjadi seorang pemimpin, seseorang yang kuat dan bertanggung jawab penuh.

Oleh karena itu, banyak kita lihat di suatu komunitas atau kelompok jiwa kemimpinannya akan muncul secara sadar maupun tidak sadar, mereka terlihat lebih menonjol dibanding anak lainnya. Gapercaya? coba kamu lihat di beberapa komunitas deh hehehe.

2. Penasihat dan Pendengar yang baik


fakta kepribadian anak pertama
unsplash/harlinmarten

Gak bisa dipungkiri kalo anak pertama ini bisa menjadi penasihat dan juga pendengar yang baik. Mereka dituntut untuk mengarahkan adik-adiknya untuk menggantikan peran orang tuanya.

Pengalaman yang lebih dulu ia miliki dibanding adik-adiknya, membuat anak pertama menjadi sosok yang bisa memberikan sebuah nasihat yang baik dan juga menjadi tempat keluh kesah seseorang karna ia termasuk seorang pendengar yang baik.

3. Pekerja Keras


fakta anak pertama
unsplash/thoughtcatalog

Pekerja keras sudah pasti karna rasa tanggung jawabnya yang tinggi baik untuk dirinya sendiri maupun keluarganya. Tidak jarang mereka bekerja keras untuk mengejar sebuah prestasi agar bisa dibanggakan kepada orang tua.

Ketika dewasa sebagian dari mereka menjadi tulang punggung keluarganya, membantu kedua orangtua untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan membesarkan adik-adiknya.

4. Mudah Stress


fakta anak pertama
unsplash/tjump

Mereka terlihat baik-baik saja dari luar. Namun, kamu gak akan pernah tahu bagaimana mereka di dalamnya, yapp dengan banyaknya pikiran yang mereka pikirkan sehingga membuat anak pertama menjadi mudah stress.

Mereka harus membagi pikirannya semaksimal mungkin antara keluarga, kehidupan pribadi, dan pekerjannya. Sifatnya yang pekerja keras ini yang menyebabkan mereka gampang stress.

5. Egois, Galak, tapi peduli


fakta unik anak pertama
unsplash/kevinbgent

Kepribadian anak pertama yang jarang kita lihat adalah dia orang yang egois/keras kepala mereka mau menang sendiri karna ingin mencari perhatian orangtua maupun orang lain. Galak terhadap adik-adiknya, meski begitu anak pertama merupakan sosok yang sangat care loh.

Sifat dan kepribadian tersebut memang tidak semuanya ada pada anak pertama tapi rata-rata seperti itu. Tenang aja kebanyakan sifat tersebut hanya ketika ia masih kecil, saat ia beranjak dewasa sifat egois dan keras kepalanya ini perlahan akan menghilang kok.

6. Jika Marah Lebih Memilih Diam


fakta unik anak pertama
unsplash/chernus_tr

Jika ia dibuat marah oleh seseorang atau suatu hal mereka lebih memilih diam karna menganggap marah-marahpun hasilnya tidak menguntungkan baginya sama sekali. Hal ini yang membuatnya hatinya lebih tenang, diam sejenak untuk menenangkan pikirannya.

7. Punya Kreatifitas dan Rasa ingin tahu yang tinggi


fakta kepribadian anak kedua
unsplash/alicegrace

Anak pertama memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mereka selalu berusaha mencoba hal-hal baru kadang melupakan hal-hal bahaya atau tidaknya. Ketika rasa ingin tahu itu sudah ia dapatkan mereka akan merasa puas.

Dan juga anak pertama memiliki kreatifitas yang tinggi karna saat mereka punya rasa ingin tahu tinggi dan mendapatkan hal baru dari situlah mereka menciptakan suatu yang baru yang lahir dari kreatifitasnya tersebut.

8. Sayang sama adik-adiknya

fakta kepribadian anak kedua
unsplash/limorgano

Sudah pasti anak pertama sayang sama adik-adiknya meskipun anak pertama memiliki ego yang kuat seperti sering menyuruh adiknya. Namun, mereka tetap sayang kok, jadi jangan beranggapan ketika kamu disuruh-suruh maka ia tidak sayang kamu.

Mereka memang tidak secara langsung mengungkapkan kalo mereka sayang, tapi kamu bisa melihat dari perlakuannya terhadapmu. Karna rasa sayang tidak harus dari kata-kata tapi dari perbuatan juga.


Fakta Anak Kedua


Berikut ini kepribadian mengenai anak kedua yang belum diketahui banyak orang:

1. Merasa Diasingkan


fakta anak kedua
unsplash/joshrh19

Kalo anak pertama tadi memiliki sifat keras kepala yang kuat yang ingin dapat pujian oleh orang tuanya, pada anak kedua mereka merasa diasingkan karna orangtuanya lebih fokus kepada anak pertama.

Tidak jarang mereka berpikir sebenarnya orangtuanya sayang enggak sih sama dia. Mereka cuma menerka-nerka saja padahal kenyataanya enggak seperti itu.

2. Susah Diatur


fakta menarik anak kedua
unsplash/tinaflour

Karena mereka menganggap bahwa mereka memiliki seorang kakak, mereka sangat susah diatur kelakuannya ya suka-suka dia. Ketika mereka menginginkan sesuatu saat itu juga dia cari cara agar bisa memilikinya karna memiliki rasa ambisius yang tinggi.

3. Mudah bergaul dan beradaptasi


fakta menarik anak kedua
unsplash/naassomz1

Dibandingkan anak sulung, anak kedua lebih mudah bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan di sekelilingnya. Karena kebanyakan dari mereka adalah sosok yang ceria sehingga mudah menjalin hubungan dengan orang lain.

4. Mudah Terbawa Perasaan


sifat anak kedua
unsplash/pablomercahn

Karna rasa sensitifnya yang besar mereka dapat dengan mudah 'baper' atau bawa perasaan. Mereka sebenarnya antusias terhadap hal-hal yang menjurus ke hubungan percintaan. Namun, karena rasa sensitifnya ini yang membuat mereka tidak bisa membedakan antara hal 1 dengan hal lainnya.

5. Sering Menjadi Penengah


sifat anak kedua
unsplash/simonmaage

Tidak jarang kalo anak kedua ini sering banget menjadi penengah khusunya diantara si kakak dan adik bungsunya. Mereka paling bisa mengatur permasalahan yang terjadi dengan memberikan solusi agar masalah tersebut cepat selesai.


EmoticonEmoticon