10 Jajanan Pasar Tradisional Paling Dicari Karna Enak

Jajanan Pasar Tradisional - Sering jalan-jalan ke pasar biasanya sih untuk belanja sayur-sayuran aja tapi kalo lagi iseng liat kanan-kiri kadang ada penjual yang menjual jajanan di pasar yang jarang orang beli padahal rasanya enak loh.


Berbagai macam alasan kenapa orang jarang membeli jajanan di pasar tradisional salah satunya yang sering disebutkan adalah makanan tersebut tingkat higienisnya sudah berkurang atau sudah tidak bersih lagi dan tidak baik untuk dimakan.

jajanan pasar tradisional

Orang-orang lebih memilih membeli makanan di toko-toko karna alasan kebersihan tersebut. Namun, jangan salah masih ada sebagian orang yang membeli jajanan di pinggir-pinggir pasar. Selain dari rasanya yang enak, jajanan ini sekarang susah banget untuk dicari.


Apa aja ya jajanan makanan pasar tradisional tersebut? Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan beberapa daftar jajanan pasar yang paling dicari karna rasanya maupun bentuknya.

Jajanan Pasar Tradisional Yang Enak


Berikut ini daftar cemilan pasar tradisional yang banyak orang cari. Kalo kamu lihat jajanan ini wajib untuk kamu coba nih!

1. Onde-Onde


onde onde

Jajanan pasar yang masih sering kita lihat adalah onde-onde. Onde-onde ini memiliki bentuk bulat dengan taburan wijen di permukaan kulitnya dan isinya berupa kacang ijo. Jajanan ini rasanya jangan ditanya deh enak banget sob! cocok untuk menjadi cemilan bareng keluarga.

2. Kue Cucur


kue cucur

Kue cucur merupakan kue yang terbuat dari campuran gula dan tepung terigu, gula yang dipakai ialah gula aren. Untuk rasanya kue cucur ini sangat manis dan warnanya terlihat seperti coklat. Pas banget nih kalo kamu makan kue cucur disandingkan dengan teh atau kopi.

3. Kue Putu Ayu


putu ayu

Kue putu dan kue putu ayu berbeda ya sob jadi jangan sampai tertukar, kalo kue putu dibuat dengan cara ditaruh di atas uap bentuk kue putu sendiri seperti tabung dan isinya tepung beras dan gula.

Sedangkan, kue putu ayu dibuat dengan cara dikukus dari tepung beras dan tepung ketan. Bentuknya pun seperti bunga karna memakai cetakan untuk membuatnya dan diatasnya terdapat parutan kelapa.

4. Klepon


klepon

Siapa yang gak tau dengan kue klepon? Klepon merupakan jajanan pasar yang paling dicari nih. Bentuknya yang bulat dan rasanya yang manis karna diisi gula merah didalamnya serta ditambah parutan kelapa diatasnya membuat kamu meleleh saat memakannya dan dijamin bakal ketagihan.

5. Getuk


getuk

Getuk ini ada 2 macam, yaitu getuk kukus dan getuk goreng. Getuk memiliki tekstur yang lembut dan memiliki rasa yang manis. Kebanyakan orang lebih suka getuk kukus dibanding getuk goreng karena lebih sehat. Biasanya getuk juga dipadukan dengan parutan kelapa.

6. Lemper


lemper

Jajanan pasar tradisional lainnya yaitu lemper. Lemper berisikan daging ayam cincang ataupun abon dan bentuknya mirip seperti lontong yang dibungkus dengan daun.

7. Kue Lapis


kue lapis

Dari namanya saja kita sudah tahu yaitu kue lapis atau kue yang terdiri dari beberapa warna yang berlapis-lapis. Kue ini biasanya terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna.

8. Combro & Misro


combro

Combro termasuk salah satu jajanan pasar terenak. Combro terbuat dari singkong yang dihaluskan dan bentuknya yang lonjong. Biasanya combro berisi oncom dan cabai yang dikenal sebagai ranjau karna kalo kamu memakan combro yang diisi cabai, maka kamu dibilang memakan ranjau.

Sama seperti combro, misro juga terbuat dari singkong. Perbedaannya terdapat pada bentuk dan isinya, isi misro yaitu gula merah yang telah dihancurkan dan bentuknya bulat tidak lonjong.

9. Cenil


cenil

Makanan yang disajikan dengan dipadukan parutan kelapa lainnya yakni bernama cenil. Cenil biasanya berwarna-warni yang terbuat dari tepung kanji. Teksturnya yang legit dan tidak keras pastinya akan membuatmu tergoda.

10. Lopis


lopis

Jajanan pasar tradisional yang jarang diketahui oleh banyak orang lainnya yaitu lopis. Lopis terbuat dari ketan yang disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Karna campuran gula merah ini membuat lopis memiliki rasa manis yang bisa buat kamu ketagihan.

Nah, itulah jajanan pasar tradisional yang jarang orang ketahui dan rasanya sangat enak. Adakah jajanan pasar favoritmu dari daftar diatas? Kalo belum ada coba sebutkan di kolom komentar apa aja sob. Share artikel ini ke temanmu semoga informasi ini bermanfaat.


EmoticonEmoticon