15 Permainan Zaman Dulu Yang Buat Kita Nostalgia

Permainan Zaman Dulu - Main bareng temen-temen merupakan hal yang paling mengasyikan apalagi main dengan teman masa kecil. Meskipun zaman telah berubah dan anak-anak sekarang ini lebih memilih bermain gadget dibanding main permainan tradisional, namun tidak bisa dipungkiri permainan zaman dulu selalu buat kita kangen.


Bagi kamu yang lahir di tahun 90-an atau dibilang anak 90-an tentu kamu pernah merasakan permainan-permainan tradisional. Mulai dari menggunakan alat sampai tanpa alatpun permainan tersebut bisa tercipta.

Tertawa dan menangis bareng teman-teman saat bermain di luar menjadi hal yang paling di kangenin, karna anak-anak sekarang lebih memilih bermain gadget dengan game mereka masing-masing sehingga jarang berinteraksi dan menjadi pribadi yang individualis.

permainan zaman dulu

Sehingga bisa kita liat saat ini permainan tahun 90-an pun sudah ditinggalkan padahal permainan tradisional di Indonesia sangat beragam, dan seru. Bagi saya sendiri yang lahir di tahun 90-an suka kangen akan permainan ini.

Bermain tanpa mengenal waktu bareng teman, kadang juga suka dimarahi sama orang tua karna enggak inget waktu kalo udah main. 


Ahh... Udah gak bisa dibayangin lagi rasa kangen ini, saya berharap masih ada anak-anak yang bermain permainan masa kecil agar mereka dapat mengenangnya ketika sudah besar nanti.

Meskipun sudah jarang kita temui lagi anak-anak yang memainkan permainan tradisional, namun saya akan merangkum permainan jaman dulu tahun 90-an yang bisa bikin kita nostalgia dan balik ke masa anak-anak! 

Permainan Zaman Dulu Tahun 90-an


Berikut ini saya buat daftar permainan tradisional yang buat kamu nostalgia dan ingin memainkannya lagi!

1. Main Gasing


main gasing

Yang pertama yaitu Gasing, kamu yang lahir tahun 90-an udah gak asing lagi dengan permainan ini. Cara mainnya cukup mudah dengan mengikatkan tali pada gasing dan melemparnya ke tanah maka gasing akan berputar. Kamu bisa ngadu gasing bareng teman untuk seru-seruan.

2. Lompat Tali / Lompat Karet


lompat tali

Lompat tali dulu sering banget dimainkan kalo lagi kumpul buat cewek-cewek, tapi bukan untuk cewek aja jangan salah cowok pun bisa main lompat tali loh. Ada beberapa tingkatan dalam lompat tali ini yang berhasil hingga tingkat akhir maka dianggap sebagai pemenangnya.

3. Bola Boi


bola boi

"Boi!" kalo udah dengar kata itu pasti langsung teringat dengan permainan lempar bola. Akan ada 1 penjaga yang menjaga batu agar tidak tersusun oleh pemain yang melarikan diri atau menghindar dari bola boi ini.

Tetapi, jika orang yang melarikan diri ini terkena lemparan bola oleh penjaga entah itu saat melarikan diri atau saat menyusun batu, maka ia dianggap kalah dan berganti menjadi penjaga dan penjaga menjadi orang yang melarikan diri.

4. Main Assen / Gobak Sodor


main assen

Kalo di daerahku permainan ini dinamakan assen. Yapp nama lainnya adalah gerobak sodor cara bermainnya pun cukup mudah namun perlu strategi. Akan ada 2 kelompok yaitu penjaga dan pelari, untuk para penjaga kamu harus menghadang pelari yang ingin melewati batas daerahmu.

Dan untuk pelari kamu harus melarikan diri melewati batas yang dihadang penjaga dari tempat awal kamu lari sampai balik lagi. Permainan dianggap menang jika penjaga berhasil mengenai pelari atau seluruh pelari masuk/melewati area penjaga.

5. Main Gambaran


main gambaran

Kamu belum afdol jadi anak tahun 90-an kalo belum main gambaran. Tepokan, geprak menjadi kata yang udah gak asing lagi ya buat kamu hehehe.

6. Koleksi Gambar Pokemon


buku pokemon sd

Kalo ini buat kamu yang suka sama pokemon sampai rela beli kertas yang isinya cuma gambar pokemon doang untuk kamu koleksi dan beli bukunya agar bisa liat gambar pokemon mana saja yang belum kamu dapat.

7. Bermain Layang-Layang


main layang-layang

Permainan tradisional ini cukup jarang dimainkan padahal dulu jadi andalan banget nih, beli gelasan yang tajam untuk melawan layangan orang lain supaya menang terus. Rela kejar layangan putus sampai berantem sama temen gara-gara rebutan layangan tersebut.

8. Pesawat-Pesawatan


pesawat kertas

Main pesawat-pesawatan yang terbangnya paling jauh dia yang menang, sampai buat pesawat dengan model jet agar bisa menang.

9. Petak Umpet


petak umpet

Kalo permainan tradisional satu ini pasti sudah pasti tau yaitu petak umpet. Ingglo, pong adalah kata yang sering terdengar. Permainan ini diharuskan ada 1 penjaga dan orang yang sembunyi, penjaga harus mencari orang yang sembunyi untuk memenangkan permainan dan orang yang sembunyi harus lolos ke tempat penjaga dan teriak ingglo/pong.

10. Ular Naga Panjang


ular naga panjang

Permainan ular naga ini sangat seru karna dimulai dengan nyanyian, saat lagu sudah berhenti dan seseorang tertangkap maka orang tersebut akan memilih siapa yang mau dia jadikan kepala. Saat terakhir, dua orang yang ada didepan/seorang kepala tersebut saling berebut mangsa yang ada dibelakangnya.

11. Main YoYo

yoyo

Yoyo zaman dulu masih terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara tarik-ulur dengan menggunakan berbagai trik permainan ini akan menjadi sangat menarik loh.

12. Main Kucing dan Tikus


kucing dan tikus

Kucing dan tikus saling kejar-kejaran di sekeliling lingkaran besar yang dibuat oleh teman-temanmu. Teman-teman yang membuat lingkaran harus menjaga kucing agar tidak masuk ke dalam lingkaran dan menjaga tikus dari kejaran kucing.

13. Tarik Tambang


tarik tambang

Tarik tambang jarang banget kita temui kecuali pada saat lomba 17-an padahal permainan ini cukup seru dengan 2 tim yang saling tarik-menarik untuk memenangkan permainan.

14. Main Pletokan


main pletokan

Pletokan kamu pasti pernah deh main ini apalagi kalo sudah dibawa ke sekolah waktu SD, dengan kertas basah dimasukkan ke dalam bambu lalu didorong dengan bambu juga untuk saling menyerang teman.

15. Main Gundu / Kelereng


permainan gundu

Cuma orang yang memiliki konsentrasi dan keahlian dalam menyentil gundu ini yang bisa memenangkan permainan. Karna mereka harus saling mengenai gundu masing-masing dan tentunya perlu keberuntungan dalam memanikannya.


EmoticonEmoticon