7 Alat Listrik Yang Harus Ada Di Rumah

Alat Listrik - Dalam suatu rumah pasti kamu pernah melihat berbagai alat yang berhubungan dengan listrik. Dimana alat tersebut tentu memiliki fungsinya masing-masing. Pemasangan alat listrik ini juga tidak boleh sembarangan, kamu perlu menempatkan di posisi yang sesuai dengan fungsinya agar aliran listrik di rumah kamu tidak mengalami gangguan. 


Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan kebutuhan listrik kamu dengan alat-alat listrik yang ada dirumah. Apakah alat listrik ini sangat dibutuhkan atau tidak, karna ada beberapa alat-alat listrik yang wajib ada di rumah. 

alat listrik


 Alat-alat wajib ini juga memiliki sebutan yang beragam. Meskipun ada yang memiliki bentuk yang sama, tetapi kegunaannya cukup berbeda. Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan nama alat listrik beserta kegunannya yang harus ada dirumah. 

Alat Listrik Yang Wajib Ada di Rumah


Berikut ini beberapa peralatan listrik yang harus ada dirumah kamu:

1. Stop Kontak


stop kontak
 
Siapa yang tidak tahu alat listrik satu ini? yap stop kontak. Stop kontak sering banget kita jumpai biasanya letaknya ada di tembok-tembok rumah. Stop kontak ini berfungsi sebagai penghantar listrik dari colokan/steker.

Stop kontak memiliki 2 lubang untuk tempat steker. Ada beberapa bentuk stop kontak salah satunya yang dilengkapi beberapa lubang untuk steker dan juga stop kontak yang digabung dengan saklar.

2. Stabilizer


stabilizer

Mungkin sebagian dari kamu masih jarang yang memiliki stabilizer dirumah. Namun, fungsi dari stabilizer ini sangatlah penting yaitu menjaga tegangan listrik agar tetap stabil atau normal.

Kamu pasti pernah merasakan tiba-tiba tegangan listrik meningkat seperti kulkas, mesin atau tv. Hal tersebut bisa mengakibatkan konsleting loh. Oleh karena itu, diperlukan sebuah stabilizer untuk menjaga tegangan listrik agar tetap normal.


3. Saklar


saklar

Saklar merupakan alat listrik yang berfungsi untuk menyambung dan memutuskan daya listrik. Saklar sering dijumpai dirumah-rumah dan biasanya saklar dipakai untuk lampu, mesin atau pompa air, stop kontak yang memiliki saklar.

4. Steker




Steker atau yang kita kenal dengan sebutan colokan ini berfungsi menghantarkan listrik ke stop kontak. Stop kontak dan steker merupakan 2 alat listrik yang berkaitan dan umumnya steker memiliki 2 dan 3 elektroda berbahan logam.

5. MCB


mcb

Salah satu alat proteksi listrik selain dari stabilizer yaitu MCB (Miniature Cricuit Breaker). MCB ini berfungsi untuk memutuskan rangkaian arus listrik secara otomatis apabila terdapat pemakaian listrik berlebih atau gangguan listrik di rumah.

6. Fitting Lampu


fitting lampu

Kalo kamu sedang menyalakan lampu coba lihat ke arah lampu kamu ada bagian untuk penunjang lampu bukan? yak namanya adalah fitting. Fitting atau dudukan/tempat lampu berfungsi sebagai penghubung lampu agar lampu tidak mudah lepas.

7. Arde atau Gronding


arde
gambar/www.tipsrawatmurah.com

Nama alat ini mungkin cukup asing bagi kita yaitu Arde atau Gronding. Arde ini pada umumnya ada di setiap instalasi listrik rumah yang berada dekat dengan meteran. 

Arde merupakan alat pelindung listrik paling utama yang akan aktif ketika tegangan listrik terlalu tinggi dan terjadinya kebocoran sehingga langsung dialirkan ke tanah. Alat listrik ini juga membantu untuk mencegah bahaya listrik terhadap manusia langsung.

Kesimpulan

Demikian nama-nama alat listrik beserta kegunannya. Sekarang kamu sudah tau alat yang wajib ada dirumah apa aja ya sob. Jadi, coba cek lagi rumahmu apakah alat-alat diatas sudah ada atau belum. kalo belum bisa segera kamu pasangkan agar terhindar dari bahaya listrik.


EmoticonEmoticon