Cara Melamar Kerja Lewat Email Agar Cepat Diterima

Cara Melamar Kerja Lewat Email - Bekerja merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap orang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Baik yang membangun usaha ataupun yang bekerja kantoran. Di era digital ini melamar pekerjaan sangatlah mudah dibanding sebelumnya yaitu dengan cara melamar kerja lewat email.


Eitss tunggu mudah disini maksudnya adalah kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan dan melamar pekerjaan secara online. Sudah jarang perusahaan yang membuka lowongan secara offline atau kamu harus datang ke perusahaan satu ke perusahaan lainnya untuk melamar kerja.

Tetapi juga tidak menutup kemungkinan kalo masih ada perusahaan yang masih mengharuskan kamu untuk mengirim lamaran kerja secara langsung. Biasanya perusahaan ini seperti pabrik-pabrik yang membuka lowongan secara langsung.

cara melamar kerja lewat email

Karna sekarang kamu dengan mudahnya bisa mencari pekerjaan melalui berbagai platform dan melamar kerjanya pun melalui email. Kalo kamu bilang ngelamar kerja lewat email ini susah, saya jawab sangat salah. Sebab, dengan melamar lewat email kamu bisa menghemat waktu dan tenaga karna tidak harus setiap hari datang dari perusahaan 1 ke perusahaan lainnya.


Mungkin cara melamar kerja lewat email kamu yang masih salah atau tidak sesuai dengan kemauan HRD, sehingga lamaran kerja kamu tidak direspon dan kamu menganggap melamar kerja lewat email sangat susah.

Agar lamaran atau CV kamu dengan mudah dilirik oleh HRD ada beberapa ketentuan yang harus kamu ketahui. Berikut ini kriteria lamaran pekerjaan yang membuat HRD terkesan dengan kamu:

1. Menggunakan alamat email yang benar

Pastikan kamu menggunakan alamat email yang benar yaitu dengan menggunakan nama lengkapmu. Jangan coba melamar kerja dengan email yang alay karna HRD biasanya tidak akan meresponnya karna menganggap tidak formal.

2. Membuat CV yang menarik

Kalo alamat email kamu sudah sesuai dengan nama lengkap tapi masih belum dapat respon. Coba buat CV (Curriculum Vitae) yang menarik sekarang banyak kok aplikasi yang bisa membuat CV agar terlihat menarik. CV yang menarik menjadi salah satu alasan kamu agar bisa membuat HRD terkesan.

3. Melamar sesuai bidang

Email sudah benar, CV sudah dibuat menarik, tapi kok belum dipanggil juga? hmm bisa jadi kamu melamar kerja tidak sesuai dengan bidangmu. Misalkan di perusahaan A buka lowongan IT dan kamu melamarnya sedangkan di CV kamu tidak memiliki kemampuan yang relevan dengan IT. Ya jelas kamu tidak akan dipanggil, jadi lamar kerjalah sesuai dengan bidang minimal yang relevan.

4. Persiapkan dokumen pelengkap

Biasanya tidak hanya CV tapi kamu diharuskan untuk mengirim beberapa dokumen pelengkap untuk melamar kerja seperti, foto, ijazah, sertifikat, dan lainnya. Jadi, persiapkan beberapa dokumen pelengkap agar memudahkan HRD untuk memasukkan kamu sebagai kandidat di perusahaannya.

5. Kirim email waktu jam kerja

Pastikan kamu melamar kerja atau mengirim email pada saat jam kerja atau sekitar jam 09:00 - 16:00 di hari biasa. Jangan mengirim lamaran di hari libur karna email kamu akan tertimpa dengan email-email lainnya ketika masuk hari biasa.

Nah, itulah beberapa contoh melamar kerja lewat email agar membuat HRD terkesan. Tetapi, ada yang lebih penting bagaimana cara melamar kerja via email selain dari yang sudah disebutkan diatas.

Cara Melamar Kerja Lewat Email via PC / HP


Ada beberapa contoh lamaran kerja yang baik ketika ingin melamar kerja via email. Salah satunya adalah bagian body email tidak boleh kamu kosongkan atau hanya terisi lampiran-lampiran kamu seperti, CV, Foto, Ijazah, dan lainnya. Karna tidak menunjukkan kejelasan terhadap keseriusan kamu melamar kerja sehingga HRD akan lansung menghapus email kamu.

Berikut ini saya akan memberikan contoh membuat body email bagaimana cara melamar kerja via email agar cepat dipanggil:

1. Pastikan alamat email dan subjek email sudah benar

Perhatikan alamat email perusahaan jangan sampai salah satu huruf karna tidak akan masuk ke email tujuan. Jangan lupa untuk memberikan subjek email, biasanya perusahaan mengharuskan kamu jika ingin melamar pada posisi tertentu untuk mencantumkannya di subjek email.

2. Isi lamaran kerja di body email

Tulis lamaran kerja di body email seperti ini:


Kepada : (nama perusahaan yang dituju)
CC : (tembusan) biasanya tidak ada tapi jika diperlukan silahkan diisi
Subject : (posisi pekerjaan)

Dengan hormat, sesuai dengan informasi yang kami baca dari website resmi (instagram/linkedin/dll) perusahaan bahwa perusahaan (nama perusahaan) sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai (posisi yang hendak dilamar) maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: (nama kamu)
Alamat: (alamat lengkap sesuai dengan identitas)
TTL: (tempat dan tanggal lahir sesuai KTP)
Pendidikan: (pendidikan terakhir, cukup yang terakhir aja ya misal SMA/SMK, S1, S2, S3)
Jenis Kelamin : (jenis kelamin kamu)
Status : (status kamu)
No. Telp : (nomor telpon kamu)

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.
Sebagai bahan pertimbangan saya telah melampirkan beberapa berkas penting sebagai berikut:

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Scan Ijazah Terakhir
4. Scan Surat Keterangan Dokter
5. Pas Photo

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(nama kamu)

3. Pastikan semua lampiran sesuai dengan persyaratan

Teliti lagi ketika melampirkan perysaratan jangan sampai ada yang terlewat ataupun salah. Ikuti ketentuan pengiriman ada beberapa perusahaan yang menginginkan semua persyaratan dijadikan satu dan ada yang dipisah satu per satu.

Kesimpulan


Demikian bagaimana cara melamar kerja lewat email agar kamu bisa cepat diterima dan membuat terkesan HRD. Jangan lupa berdoa sebelum melamar kerja ya hehehe semoga para pencari kerja diberikan kemudahan dan kelancaran. Aamiin.


EmoticonEmoticon