Contoh Format CV Lamaran Kerja dan Template CV Yang Benar

Contoh Format CV - CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup merupakan persyaratan paling penting untuk melamar pekerjaan. CV ini berisi informasi pribadi kamu, seperti identitas diri, pengalaman kerja, dan prestasi yang pernah kamu dapatkan. Ada banyak contoh format CV yang bisa kamu pakai untuk melamar kerja.


Sebaiknya kamu membuat daftar riwayat hidup dengan desain semenarik mungkin. Hal ini cukup penting agar memberikan kesan yang baik kepada tim HRD sehigga CV kamu mudah diingat. Karna tidak jarang tim HRD akan menjadikanmu sebagai kandidat karyawan diperusahaannya berkat tampilan daftar riwayat hidupmu yang menarik.

contoh format cv menarik

Selain tampilannya kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal saat membuat CV salah satunya yaitu isi dari CV tersebut. Mungkin bagi kamu yang sudah punya pengalaman membuat daftar riwayat hidup paham akan isi dari dokumen tersebut. Namun, bagi kamu yang baru pertama kali membuat daftar riwayat hidup perlu memperhatikan beberapa hal penting.

Tips Membuat CV / Daftar Riwayat Hidup


Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat CV atau daftar riwayat hidup agar CV kamu diterima oleh HRD:

1. Buatlah ukuran CV sebesar kertas A4

Biasanya ukuran CV yaitu ukuran A4 atau sebesar kertas HVS. Ukuran ini cukup pas karna tidak kecil dan juga tidak besar. Jangan lupa untuk menulis dengan font size ukuran 12 atau kamu bisa memilih font size 14, jangan lebih dari ukuran tersebut.

Kamu bisa memakai format penulisan CV rata kiri atau rata kanan-kiri, hal ini agar memperlihatkan kesan yang baik untuk dilihat. Sisipkan juga pas foto kamu di CV tersebut dengan memakai foto yang formal. Letakkan sesuai dengan layout atau desain CV kamu.

2. Bualah daftar riwayat hidup cukup 1 lembar

Kamu tidak perlu membuat CV berlembar-lembar cukup dengan 1 lembar saja karna CV isinya tidak terlalu banyak dan hanya memasukkan informasi penting. Seperti contoh format cv lamaran kerja lainnya yang dibuat padat, singkat, dan jelas.

3. Desain CV semenarik mungkin

Kebanyakan sekarang ini seorang HRD melihat CV dari sisi grafisnya. Apabila kamu masih mengikuti contoh format cv word kamu bisa membuatnya menjadi menarik dengan bantuan aplikasi desain seperti, photoshop atau canva.

Jika kamu tidak bisa desain bisa mencari referensi contoh format cv menarik atau template cv menarik. Kalo sudah dapat kamu langsung memasukkan informasi pribadimu saja tanpa pusing-pusing mendesainnya. Perhatikan juga ukuran CV ini seperti yang sudah dikatakan sebaiknya ukuran CV kamu sebesar A4.

4. Gunakan bahasa yang formal

Dalam membuat CV atau daftar riwayat hidup gunakanlah bahasa formal agar terlihat lebih profesional. Jangan sekali-kali menggunakan biasa sehari-hari karna tujuan kamu adalah untuk perusahaan yang kamu lamar bukan untuk ke teman. Jadi, kamu perlu memperhatikan setiap kata dalam CV kamu agar tidak ada yang keliru.


Contoh Format CV Lamaran Kerja Yang Benar


Kalo kamu sudah paham mengenai tips membuat lamaran kerja, sekarang mari perhatikan hal yang tidak kalah pentingnya dalam menulis CV agar dilirik oleh HRD. Tentunya dengan bahasa yang formal, padat, jelas tetapi tidak kaku.

Berikut ini hal-hal penting dalam menulis CV diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Identitas Pribadi

Yang utama ialah memasukkan identitas pribadi. Identitas pribadi ini meliputi nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, agama, kewarganegaraan, status pernikahan, email, dan nomor telepon.

Tulislah identitasmu yang sebenar-benarnya termasuk nomor telpon dan email karna saat kamu menjadi kandidat dari perusahaan yang kamu lamar, HRD akan menghubungimu melalui email atau nomor telpon untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

2. Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan dibagi menjadi 2 yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Format CV yang benar adalah memasukkan pendidikanmu mulai dari pendidikan pertama hingga pendidikan terakhir. Sertakan juga tahun masuk dan tahun kelulusanmu disamping jenjang pendidikan.

3. Pengalaman Kerja / Organisasi

Apabila kamu pernah bekerja atau magang sebelumnya di suatu perusahaan atau instansi jangan lupa untuk memasukkannya sebagai pengalaman kerja. Setidaknya dalam 3 tahun terakhir pengalaman organisasi kamu bisa dimasukkan disini apabila kamu belum memiliki pengalaman kerja.

4. Keahlian

Tambahkan keahlian atau kemampuanmu dengan sejujur-jujurnya jangan dilebih-lebihkan karna akan merugikan dirimu sendiri nantinya. Hal ini akan menjadi pertimbangan HRD nantinya dan akan memberikan nilai plus untuk kamu bila memiliki keahlian khusus.

Nah, itulah beberapa tips dan juga contoh format lamaran kerja yang baik dan benar. Kalo kamu masih bingung mengenai desain CV atau masih mencari CV bisa hubungi ke email: @[email protected] karna saya membuka jasa membuat CV menarik.

Saya juga akan memberikan beberapa referensi template CV menarik untuk kamu pakai melamar kerja. Berikut ini template CV lamaran kerja yang unik dan bagus.

Template CV Menarik

template cv menarik

template cv menarik


EmoticonEmoticon