Jenis Jenis Pipa Air Beserta Fungsinya. Anda Butuh yang Mana?

Ketika Anda membangun rumah tentunya membutuhkan perencanaan yang matang pada semua sisi bangunan termasuk pemakaian pipa air. Perlu Anda ketahui, terdapat banyak jenis pipa dengan fungsi tersendiri. Supaya pipa tersebut tepat guna dan hasilnya memuaskan, Anda perlu mengetahui secara pasti aneka pipa dengan kegunaannya sehingga memudahkan Anda memilih jenis pipa terbaik untuk rumah Anda.

Berbagai Jenis Pipa Air dengan Fungsinya

Simak uraian beragam jenis pipa berikut ini.

1. Pipa Tembaga

Pipa jenis ini air umumnya digunakan untuk instalasi refrigerant, dikarenakan sifatnya yang tahan akan suhu dingin maupun panas. Apalagi, pemasangan perangkat pipa tembaga ini dapat diaplikasikan di atas ataupun dalam tanah. Apabila Anda ingin memasang pipa di bawah tanah, lapisi dengan pengaman pipa tersebut agar tidak terpengaruh oleh keasaman tanah.

2. Pipa PVC

Pipa Poly Vinyl Chloride atau PVC merupakan jenis pipa yang sering dipakai untuk alirkan air drainase, air bersih, air hujan, dan air bekas. Meski jenis pipa ini mempunyai ragam pilihan warna, dan kebanyakan orang lebih memilih warna putih. Tetapi, ada juga orang yang menggunakan warna pipa lain dengan tujuan sebagai pembeda fungsi dari pipa satu dengan yang lainnya.

3. Pipa Galvanis

Pipa bermaterial besi seng lapis baja ini membutuhkan proses yang lebih rumit ketika pemasangannya. Karena instalasi pipa ini perlu akurasi tinggi dibanding pemasangan sebagian besar pipa, di mana proses pemotongannya lebih mudah dikerjakan. Walaupun bahannya aman baik dipakai untuk di luar maupun dalam tanah, penggunaan pengaman pada instalasi dalam tanah sangat disarankan, agar meningkatkan daya tahan pipa galvanis.

4. Pipa CPVC

Pipa Chlorinate Poly Vinyl Chloride mempunyai ketahanan suhu sampai 1.800° C. Daya tahan tersebut disebabkan ketebalan pipa yang menjadi kelebihan dari pipa CPVC. Pipa yang satu ini sangat disarankan untuk digunakan pada instalasi air panas dan dingin, karena materialnya tahan akan perubahan suhu.

5. Pipa HDPE

Pipa jenis High Density Polyethylene ini memakai material plastik non-toxic yang punya elastisitas cukup tinggi. Pipa HDPE ini pun aman untuk alirkan air yang diperlukan untuk pemakaian rumah tangga. Karena karakter pipa yang kuat dan elastis, pipa satu ini sangat cocok digunakan pada daerah dengan kontur tanah yang curam, tidak stabil, dan rawan bencana.

6. Pipa PP-R

Pipa berbahan polypropylene random ini memiliki karakter unik sebab sifatnya yang mampu salurkan air dengan suhu dan tekanan lumayan tinggi. Pipa warna hijau mencolok ini umumnya dimanfaatkan untuk sanitasi di hunian Anda. Pasalnya, pipa PP-R juga punya keunggulan lain misalnya proses instalasinya yang mudah, tahan gempa, lentur, dan berbobot ringan.

Saat Anda memilih pipa untuk rumah Anda seharusnya sesuai keperluan, seperti halnya berbagai jenis pipa air Rucika yang memiliki fungsi tersendiri yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.


EmoticonEmoticon