Sudah Tahu Apa Saja yang Termasuk Safety Riding untuk Pengendara?

Tahukah Anda jika kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab tertinggi tewasnya seseorang saat berada di jalan? Mengutip data Global Status Report of Road Safety keluaran WHO yang dilansir dari laman Suara Merdeka, setiap tahun ada lebih dari 1,25 juta korban meninggal dunia karena kecelakaan. Terlebih, 90% dari angka tersebut terjadi di negara-negara berkembang, seperti Indonesia. Hal ini menunjukkan pentingnya memiliki pengetahuan soal safety riding serta mempunyai asuransi kendaraan, seperti yang ditawarkan oleh MSIG Online yang bisa Anda temukan informasi lebih lengkapnya di sini

Lalu, sudah tahukah Anda apa saja yang termasuk safety riding ini? Jika belum, simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut, yuk.

1.   Pastikan Stamina dalam Kondisi Sehat

 

    Memperhatikan kondisi stamina tubuh sebelum berkendara sangatlah penting. Jika Anda merasa kurang sehat, maka akan lebih baik jika menunda keberangkatan. Kalaupun kepergian itu mendesak, ada baiknya Anda meminta tolong untuk diantarkan atau memilih transportasi umum yang bisa membuat Anda beristirahat selama perjalanan saja. Sebab berkendara dengan kondisi stamina yang tidak sehatsama saja dengan membahayakan diri sendiri dan juga pengendara lain.

 

2.   Tetap Fokus Berkendara

 

   Saat sedang berkendara, pastikan diri Anda fokus dengan jalan yang sedangAnda lalui. Pasalnya, Anda tidak tahu apa yang mungkin akan terjadi di depan Anda, sehingga menjaga konsentrasi sepanjang berkendara penting dilakukan. Dengan tetap fokus, Anda bisa segera bertindak cepat untuk mengatasi situasi-situasi yang tidak diinginkan. Misalnya, saat Anda mengendarai mobil, hindari untuk bercanda yang berlebihan dengan orang di sebelah Anda. 

 

3.   Hindari Bertelepon saat Berkendara

 

    Mungkin Anda pernah terpaksa melakukan ini karena telepon masuk tersebut adalah sambungan dari orang penting. Namun, jangan lagi melakukan ini, ya. Sebab bertelepon saat berkendara akan membuat konsentrasi Anda terpecah dua, yang mana bisa berakhir pada musibah seperti kecelakaan. Jadi, akan lebih baik jika Anda meminggirkan kendaraan terlebih dahulu baru mengangkat telepon yang masuk.

 

4.   Taati Aturan Lalu Lintas

 

  Menaati aturan lalu lintas adalah bagian dari safety riding. Selain akan menghindarkan Anda dari sanksi lalu lintas, tujuan utama dari menaati lalu lintas adalah menghindarkan Anda dari terjadinya kecelakaan yang bisa membahayakan nyawa. 

 

  Meskipun terkadang kecelakaan bisa juga disebabkan oleh orang lain yang kurang berhati-hati atau peristiwa lainnya yang terjadi di jalanan. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda senantiasa berkonsentrasi dan berhati-hati saat berkendara. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir risiko yang mungkin menimpa Anda.

Nah, setelah mengetahui beberapa hal di atas, jangan lupa untuk menerapkanya selagi Anda berkendara, ya. Semoga kebiasaan-kebiasaan sederhana di atas bisa senantiasa melindungi Anda selama perjalanan. 

Latest


EmoticonEmoticon