Jangan Asal Pilih, Ini 5 Tips Memilih Kurir Ekspor ke Jepang

Jepang merupakan negara mitra dan pasar yang sangat penting bagi kegiatan ekspor Indonesia. Dalam bidang ekspor Indonesia dengan Jepang selalu mengalami adanya surplus perdagangan. Hal ini memudahkan Anda pelaku usaha untuk ekspor ke Jepang. Ketika Anda sudah memutuskan untuk barang yang diekspor Indonesia ke Jepang, langkah selanjutnya yaitu memilih jasa kurir yang tepat.

Pemilihan jasa kurir yang tepat akan berpengaruh terhadap produktivitas dan efisiensi bisnis yang sedang Anda jalani. Ketika ingin menentukan penyedia jasa kurir jangan tergoda dengan iming-iming sebatas harga termurah. Akan tetapi, Anda juga harus mempertimbangkan layanan kualitas yang akan Anda dapatkan. Inilah alasan mengapa  sangat penting pemilihan penyedia layanan kurir ekspor yang tepat bagi pertumbuhan bisnis Anda.

barang yang diekspor Indonesia ke Jepang

Artikel ini akan membahas mengenai 5 tips dalam memilih kurir ekspor ke Jepang yang memberikan pelayanan berkualitas dengan harga yang terjangkau.

1.    Akreditasi

Ekspor merupakan kegiatan Internasional yang tidak dapat dianggap remeh. Anda pasti cenderung memilih perusahaan penyedia jasa yang memiliki akreditasi maupun sertifikasi yang relevan. Hal ini juga dapat menjadi indikator kepercayaan pelanggan kepada jasa penyedia layanan.

Perusahaan yang sudah terakreditasi umumnya memiliki SOP yang jelas dan memiliki standar kualitas tertentu untuk mempertahankan akreditasinya dan membuat pengerjaan menjadi lebih efektif. Akreditasi yang umumnya dimiliki oleh penyedia layanan kurir, seperti ISO:14001, ISO: 9001 dan AEO

2.    Izin Bea Cukai

Carilah penyedia layanan kurir ekspor yang dapat memastikan Anda mendapatkan dokumen bea cukai dengan benar atau layanan kurir yang mengetahui spesifik dokumen yang diperlukan ketika ekspor. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dan mengefiseinsikan kegiatan ekspor.

3.    Biaya Pengiriman

Biaya pengiriman akan mempengaruhi profit Anda ketika berbisnis. Biaya pengiriman salah satu aspek yang perlu diperhatikan. Carilah penyedia layanan kurir yang memiliki transparansi biaya. Transparansi biaya membuat Anda lebih tau rincian penggunaannya ketika melakukan ekspor. Oleh karena itu, ketika terjadi kemungkinan biaya tambahan yang dibebankan kepada Anda, Anda tidak panik dan telah memperhitungkannya.

4.    Garansi Keamanan atau Asuransi

 

Garansi keamanan bertujuan untuk menjaga keamanan barang Anda. Jika terjadi kerusakan saat ekspedisi, Anda dapat mengklaimnya. Jangan muda tergiur dengan ekspedisi yang menyediakan jasa dengan harga murah tak masuk akal. Sesuatu yang terburu-buru akan mengakibatkan dampak yang tidak baik. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan ekspedisi yang memperhatikan garansi keamanan

5.    Pembaruan Real-Time

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan ketika memilih layanan kurir adalah kemampuan untuk memberikan pembaruan waktu terupdate. Hal ini sangat penting bagi Anda pelaku bisnis yang bekerja dengan banyak klien yang membutuhkan pembaruan tentang pengiriman mereka.

Berikut informasi mengenai 5 tips memilih kurir ekspor ke Jepang. Jika Anda ingin mengirimkan barang yang diekspor Indonesia ke Jepang dan mencari kurir ekspor berkualitas maka KILO.ID pilihannya.


EmoticonEmoticon